Saturday, October 1, 2011

Best Birthday Ever

Kali ini gue pengen berkisah tentang ulang tahun gue yang paling terakhir ini, yang mana menurut gw merupakan hari ulang tahun gw yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Udah basi banget emang, udah sembilan bulan berlalu (yang dulunya masi zygot sekarang pasti udah bayi tuh) tapi baru gue certain sekarang, haha. BTW, gue masih teen-ager nih, masih belasan, baru 19 tahun, senengnya awet muda :D :D :D.

         Sebenarnya bukan tepat di hari H sih, tapi yaa yang penting kan eventnya pas ulang tahun gua, bodo amat lah ama detail. Kebetulan hari ulang tahun gue kemaren jatuh pada hari minggu makanya pas banget. Sabtu siang menuju sore gue masih melapuk gitu di kosan, hibernasi, tiduran gak jelas, sesuai dengan jati diri gue yang nocturnal kelas elite. Gue udah gak begitu tertarik lagi dengan hari ulang tahun gue sejak di bandung karena emang gak ada orang yang pas buat berbagi, bukannya gue gak berharap juga tapi yaa emang gitu, so, otomatis gw cuek cuek bebek aja ama hari ulang tahun gue, toh malaikat tidak lebih dekat ke bumi karena itu.

        BUT, PUT IT ON HOLD, ternyata emang bener bahwa gak semua malaikat itu bersayap, banyak juga ternyata orang-orang yang berhati malaikat di sekitar gue. Mereka bukan the fallen, the guardiang ato apa, emang manusia normal (sejauh yang gue tau); tapi mereka berbuat baik yang menurut gue gak pantas gue terima (tau sendiri lah sikap gue, lebih cocok untuk dijauhi daripada dibaikin, pathetic, I know).

Gue berencana ngabisin weekend gue ber-weekend ria di kamar sambil online dan main game-game ecek-ecek ampe mabok biar besoknya ngantuk dan tidur seharian, lupakan masa lalu, haha. Trus abis maghrib ada ajakan yang rada memaksa dari senior gue sekosan (dengan dalih kasian ngeliat gue di kamar tiap waktu) untuk keluar dan makan malam ama geng mereka, geng yang mana kalau di kampus gue dipanggil SWASTA, Sudah Waktunya Anda Selesaikan Tugas Akhir (yang tahun lima dan enam).perlu diketahui di kosan gue ada dua orang swasta, dua orang seangkatan gue, dan dua orang lagi junior gue angkatan 2010. Itu anggota tetap, kadang-kadang ada tamu yang semuanya swasta, dari unand ampe UGM yang tinggal sementara di kosan gue buat liburan ato cari kerja, kami semuanya satu SMA. Waktu itu ada satu orang senior swasta dari unand yang tinggal di kosan gue buat ngurus proyek sejenis borongan garment, ditambah dua orang swasta yang menetap jadi total tiga orang, empat ama gue. yang lain gak tau kemana, gak ada di kosan aja pokoknya, bodoh amat gue gak peduli, gue kan rada autis, haha.
Ketiga orang senior gue itu (bang Ireng, IlKom unpad; bang Indra, sarjana fisika Unpad; BaRon [bang Roni] sastra minang unand) berhasil memaksa gue keluar dari comfort zone gue menemani mereka makan malam ke salah satu rumah makan padang di simpang tubagus. Mereka tak lupa ngajak anggota geng swasta tetap lainnya (kak Anita, teknik industri ITB) ama geng swasta tambahan (kak lia, gak tau kuliah dimana, yang jelas di bandung angkatan 2007, lagi available butuh curhat ama baron) jadi total enam orang termasuk gue. Gue pikir ajang ngumpulnya cuma sebatas makan malam doang, taunya mereka niat maen-maen ampe pagi, gak jadi dah gue main gamenya. Opsi-opsi pun berdatangan, usulan dari ke ciater, nonton ke bioskop, main bowling, billiard, ampe karaokean bermunculan, tapi apalahdaya dana gak sampai akhirnya gue ngusulin kalo main ke bubin aja (bukit bintang, itu loh bukit tempat syuting pilem dealova) kebetulan gue ama kak lia pernah kesitu dan yang lain enggak. Irit, cocok buat hedon, malam minggu yang cerah lagi, pas beut. Cuma sekali naik angkot kesitu, 15 menitan paling, jalannya doing yang jauh. Di pinggiran jalan banyak mini market jadi kami sempat ngumpulin bekal-bekal buat di bubin ntar, biasa lah, kacang-kacangan, walfer, cokelat, aer, tisu (buat antisipasi gue mimisan, I’m such an eternal nose-bleeder, gue gak tahan ama cuaca yang terlalu dingin).

Jadilah kami tertatih-tatih mendaki puncak kemenangan--gue disini bilangnya kami bukan mereka karena meskipun gue bangga sebagai anggota Hima TG Terra tapi gue juga termasuk barisan Red Scarf, juga gak ada teman angkatan gue yang dukung gue disini, all by meself—banyak yang mengeluh (gue dan cewe-cewe) tapi yaa walo hujan duit pun bakal teduh juga, sampai juga dah di TT (tempat tujuan), horeee, plok..plok..plok…

Nyampe disitu jam sepuluhan kalo gak salah, rencananya ampe jam satu disitu, dan emang ampe jam satu. Trus datang dah sms aneh dari teman gue yang dari bogor-cewe, kenal di facebook, akrab pada waktunya- isinya ucapan selamat ulang tahun, uwanjir, sekarang malem ulang tahun gue nyak, gue curiga nih bangkak-bangkak (abang-abang dan kakak-kakak) sengaja narik gue keluar karna gue udah mo TT (tambah tua)dan menyambut gue ke dewan tetua (sori-sori aja bangkak, aing masih delapan belas, baru mo masuk ke Sembilan belas aing, masi belum cukup umur masuk dewan tetua). Tapi rasanya gak mungkin dah, gue gak nunjukin signal apa-apa kalo gue esoknya mo ulang tahun, gak mungkin lah ada diantara mereka yang tau (even thou deep down in my heart, I want them to be knowing my upcoming birthday and do so due so).
   
Wait a minute, it’s not my birthday, not yet,ini kan masi jam sepuluh. kenapa gue dapat sms jam sepuluh? Gue belum ulang tahun dong L. Mungkin dia salah liat tanggal kali, mungkin dia salah kirim, tae banget kalo gitu, nangis darah gue. Gue bales ntuh sms, gue gak lagi ulang tahun, dianya sms lagi, dan gue kutip, “iye, emang. Tapi ulang tahun lo besok kan? Gue tau kalo lo tau gue gak tinggal di irian ato Maluku, tapi disana udah jam 12 loh. Anggap aja udah tengah malam ya, gue pengen ngucapin selamat ulang tahun tepat waktu tapi gue udah ngantuk banget, hehe.”. Alhamdulillah, ada yang baik ama gue J.
Mood gue berubah menjadi lebih baik, para swasta nyanyi minang keras-keras gue juga ikutan (walo awalnya gue malah nganggapnya bikin malu, kan gak kita aja disitu, banyak orang-orang lain juga, rame banget soalnya). Kami cuma gitu-gitu aja disitu, nyanyi-nyanyi, ledek-ledekin, hepi-hepian. Senang banget.
You know what? (what?), tepat jam 00.00 mereka tiba tiba serentak nyanyiin happy birthday tanpa aba-aba, tanpa indikasi. Oh my god, I was so damn stunned, I was still denying a part of my head saying that they did it for my birthday. Saking kagetnya gue diam aja, gue tau gue gak pantas diperlakuin seperti itu, kebaikan apa yang pernah gue lakuin buat mereka? Gue selalu berkata kasar, gak pernah respect ama mereka, gue tau diri untuk tidak berharap mendapatkan apa-apa, you take what you give, gue gak pantas aja. Gue diem aja seolah-olah mereka gak begitu buat gue, gue takut kalo gue ngomong suara gue bakal beda. Mereka brenti nyanyi, trus agak lama ada bisikan seseorang ke yang lain nanya “ulang tahune (nya) beneran sekarang kan?”. Gue tau tanpa nanya mereka udah tau jawabannya, tiga biji sms  masuk ke hape gue, hanya sedikit alasan orang ngirim sms tepat tengah malam dan ini gue nerima tiga biji, yang pasti  bukan dari orang yang sama karena gue gak menggubris sms-sms itu seketika sehingga dianggap sebagai sms balasan. Gue gak ngapa-ngapain selama lima belas menit kedepan, hape bunyi gak gue gubris, gue berperan sebagai patung figuran di altar Olympia di pilem-pilem yunani.

Gue tau itu salah satu dari beberapa penyesalan dalam hidup gue, yang mana kalau gue punya time folder bakal gue undo. Kalau ada orang manggil kita harus nyahut, kalau ada orang yang berbuat baik kita harus berterima kasih. Gue tau udah bikin mereka kecewa karna tidak mengapresiasikan kebaikan mereka. Tolol banget elu lang, keak gak punya moral aja.

Rasa bersalah gue semakin membesar ketika esoknya mereka patungan membeli dua kotak brownies buat kue, yang katanya sebagai kue ulang tahun gue. Gue gak berani makan kue itu, tapi gue harus makan untuk nunjukin rasa terima kasih gue. Gue ambil sepotong, terus gue bagi-bagiin ke seisi kosan.
Yang pasti gue gak bakal ngelupain kebaikan yang gue peroleh saat itu, sampe sekarang gue gak tau kenapa ulang tahun gue begitu diapresiasi ama mereka, gue emang super hoki tapi gak pernah bersyukur. Gue merasa banyak orang lain seisi kosan yang begitu baik sehingga ulang tahun mereka perlu ikut diperhatikan tapi entah mengapa hanya gue aja disitu yang ulang tahunnya dirayain. Mereka bahkan beliin brownies ;). Gue merasa belum sempat sempat aja ngebalas kebaikan mereka.

Gue gak membual waktu bilang kalo itu ulang tahun terbaik gue, sejauh ini ulang tahun gue yang dirayain itu waktu taman kanak kanak, itu juga merupakan ritual, tiap yang ulang tahun dirayain, pakai pakaian pengantin adat, trus dirayain ama teman-teman dan orang tua. Tapi itu udah lama, gue udah lupa, ulang tahun ke empat gue itu. Setelah itu pernah juga di hari ulang tahun gue yang ke tujuh belas bokap beli pan pizza jumbo. Itu aja palingan ulang tahun gue yang ada embel embelnya, soalnya keluarga gue gak pernah ngerayain ulang tahun, yang kami lakuin saat ada yang ulang tahun Cuma memperlakukan mereka dengan baik, gitu aja.
Tiga biji sms itu dari teman-teman dekat gue, satu diantaranya udah empat tahun berturut-turut ngucapin selamat secara ontime. Orang minang tapi kok ontime ya, dia emang ekstraordinari sih, gue aja manggilnya the champion.
Tapi disini kita gak bahas itu, bagaimanapun juga ini tentang ulang tahun gue bersama para tetua. Emang bener bahwa mengumbar kebaikan sendiri itu bukan hal yang baik, tapi itu kan bukan kebaikan gue, jadi gak apa apa lah gue certain. Gue certain karena bagi gue itu sangat berarti. Some time, huh? With bang ireng, bang indra, bang baron, kak anita, dan kak lia. Gue bahkan gak sempat berterima kasih. Terima kasih.

1 comment:

  1. hahahah enak dong dapet surprise, di bukit bintang lagi -_-

    ReplyDelete